Senin, 28 November 2011

Makalah Ekonomi Tentang Permintaan dan Penawaran


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan YME, sebagai pencipta atas segala kehidupan yang senantiasa memberikan rahmat sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Dalam kesempatan ini, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih dengan hati yang tulus kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini semoga Tuhan senantiasa membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna perbaikan di masa yang akan datang. Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.


Pangkalan Bun, 3 September 2011


Penyusun
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR 1
DAFTAR ISI 2
BAB I     PENDAHULIAN 3
1.1  Latar Belakang 3
1.2  Tujuan 3
BAB II    PEMBAHASAN 4
2.1  Permintaan dan Penawaran 4
A.  Pengertian Permintaan dan Penawaran 4
B.  Hukum Permintaan dan Penawaran 4
·   Contoh Gambar Kurva Permintaan dan Penawaran 5

2.2  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran 6
A.  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan 6
B.  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran 7

2.3  Harga Pasar 8
A.  Pengertian Harga 8
B.  Harga Keseimbangan 8

2.4  Laporan Hasil Kegiatan 9
A.  Daftar Harga Barang Sebelum dan Menjelang Bulan
C.  Puasa serta Menjelang Hari Raya Idul Fitri 9
B.  Laporan Tertulis 10

BAB III   PENUTUP 11
3.1  Kesimpulan 11
3.2  Saran 11

DAFTAR PUSTAKA 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN 12
DATA SISWA/Pengesahan 14
CATATAN 15

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Beberapa orang menganggap bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang dimulai dan diakhiri dengan hukum permintaan dan penawaran. Anggapan ini terlalu mengandalkan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang sederhana. Akan tetapi hukum yang dikenal dengan hukum penawaran dan permintaan memang merupakan bagian yang terpenting dalam pemahaman kita mengenai pasar.
Pertama kita perlu mengetahui apa faktor saja yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, berikutnya kita dapat melihat bagaimana permintaan dan penawaran membentun harga pasar.

1.2  Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan dan mengetahui permintaan dan penawaran dalam proses terbentuknya harga serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Permintaan dan Penawaran
A.    Pengertian Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
B.    Hukum Permintaan dan Penawaran
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium
Kurva permintaan  adalah suatu kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat berdasarkan data riil di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk table.
Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi, para penjual atau produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak. Di bawah ini gambar kurva permintaan dan penawaran dengan data yang ada.

·         Contoh Gambar Kurva Permintaan dan Penawaran
Dengan Data Permintaan dan Penawaran seperti:
 









Maka gambar Kurva Permintaan dan Penawarannya adalah :
 





























2.2  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan PPenawaran
A.    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
1.   Perilaku Konsumen atau Selera Konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.

2.   Ketersediaan dan Harga Barang Sejenis Pengganti dan Pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.

3.   Pendapatan atau Penghasilan Konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.

4.   Perkiraan Harga di Masa Depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5.   Banyaknya atau Intensitas Kebutuhan Konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.


B.    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1.   Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

2.   Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

3.   Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4.   Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

5.   Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.


2.3  Harga Pasar
A.  Pengertian Harga
Istilah harga biasa digunakan dalam kegiatan tukar menukar. Untuk menyatakan harga sesuatu barang digunakan satuan uang. Dengan demikian Pengertian Harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Tidak setiap barang memiliki harga, hanya barang ekonomi sajalah yang memiliki harga sebab untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan yang menyebabkan adanya penawaran adalah faktor kelangkaan atau kejarangan. Sehingga barang itu memiliki harga karena barang itu di satu pihak berguna dan di pihak lain barang itu jumlahnya terbatas atau langka. Sesuai dengan istilahnya, disebut hanya keseimbangan sebab pada harga tersebut akan terjadi keseimbangan antara jumlah barang yang diminta (dibeli) dengan barang yang ditawarkan (dijual). Hanya keseimbangan itu terjadi karena adanya interaksi antara pembeli dengan mengadakan permintaan dan penjual dengan mengadakan penawaran di pasar.
B.  Harga Keseimbangan
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Untuk menentukan keadaan keseimbangan pasar kita dapat menggabungkan tabel permintaan dan tabel penawaran menjadi tabel permintaan dan penawaran.
Keadaan keseimbangan pasar dapat ditentukan dengan menggabungkan kurve permintaan dan kurve penawaran menjadi kurve permintaan dan penawaran.
Keadaan keseimbangan dapat pula ditentukan secara matematik, yaitu dengan memecahkan persamaan permintaan dan persamaan penawaran secara serentak atau simultan.


2.4   Laporan Hasil Kegiatan
A.    Daftar Harga Barang Sebelum dan Menjelang Bulan
 Puasa  serta Menjelang Hari Raya Idul Fitri

 

B.   Laporan Tertulis
Dari daftar harga barang kebutuhan di atas bisa terlihat terjadinya kenaikan, penurunan serta kestabilan harga yang terjadi pada tenggang waktu dari sebelumnya, menjelang puasa dan menjelang hari raya. Sesuai dengan hasil dari wawancara ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti :
1.   Terlambatnya kiriman barang
2.   Banyaknya permintaan
3.   Banyaknya jumlah barang
4.   dll.
Kenaikan terjadi disebabkan terlambatnya kiriman, karena kebnyakan barang-barang yang ada di Pangkalan Bun di impor atau di kirim dari Jawa melalui kapal laut, keterlambatan itu terkadang disebabkan oleh cuaca buruk, misal tingginya gelombang laut. Sehingga stok yang ada di pasar sedikit yang menyebabkan kelangkaan dan naiknya harga barang tersebut. Ini terjadi seperti harga cabe yang terus meningkat.
Kenaikan terjadi disebabkan banyaknya permintaan, karena menjelang hari raya dengan di pengaruhi terlambatnya kirimiman membuat barang menjadi langka sehingga harga jualnya tinggi yang menyebabkan kenaikan harga barang.
Banyaknya jumlah barang juga mempengaruhi harga barang kebutuhan, banyaknya jumlah barang bias mempengaruhi kenaikan, penurunan serta kestabilan harga. Kenaikan di karenakan barang itu langka yang membuat harga jualnya tinggi seperti yang sudah dikatakan di atas. Penurunan harga bisa terjadi karena banyaknya jumlah barang yang lebih, ini terjadi kemungkinan barang tersebut tidak di impor dari Jawa melaikan berasalkan dari petani yang ada di Pangkalan Bun yang tanamannya serentak mengalami panen sehingga jumlah barang banyak dan harga jual rendah, kejadian ini juga bisa membuat harga barang stabil, karena tidak ada keterlambatan pengiriman dengan jarak tempuh yang dekat membuat stok barang terjaga, jadi stok barang tidak kurang atau langka dan tidak berlebihan sehingga harga menjadi stabil.
Tetapi walau adanya kenaikan harga barang kebutuhan baik menjelang puasa dan menjelang hari raya tidak membuat kurangnya para pembeli, malahan pembeli meningkat karena banyaknya kebutuhan yang di perlukan oleh pembeli itu sendiri dalam menghadapi puasa dan hari raya.


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku pada saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul fitri. Meskipun harga-harga melangit, masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan.
3.2  Saran

DAFTAR PUSTAKA
BSE (Buku Sekolah Elektronik)
Mulyati, Nur, Sri, dkk. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Internet
Blog’na Budi.htm. “Permintaan dan Penawaran” (14 April 2010)
Adji14’s Blog.htm. “Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran” (18 Maret 2010)
kumpulanistilah.com, “Pengertian Harga” (12 September 2010)
e-dukasi.net, “Harga Keseimbangan Pasar” (2010)
Sumber Gambar
google.com, “gambar kurva permintaan dan penawaran dengan ekuilibrium”
Narasumber Wawancara
Ibu Siti dan Ibu Laily




LAMPIRAN-LAMPIRAN
·         Foto-foto Kegiatan


Foto-foto kegiatan wawancara dengan salah satu pedagang Ibu Siti
 




 

Foto-foto barang dagangan Ibu Siti
 

DATA SISWA
Pengesahan



 




























Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Ekonomi








Ibu Deni Susanti, SE
NIP : 19711208 200501 2 007




CATATAN :













































1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus